November 28, 2022
skincare
Skincare memiliki jangkauan pasar yang luas, namun Anda akan berenang di lautan luas bersama kompetitor yang lain. Menciptakan bisnis dari awal akan menguras banyak tenaga dan biaya dan harus konsisten. Oleh karena itu mari simak cara membuat brand skincare sendiri di bawah ini.

Skincare memiliki jangkauan pasar yang luas, namun Anda akan berenang di lautan luas bersama kompetitor yang lain. Menciptakan bisnis dari awal akan menguras banyak tenaga dan biaya dan harus konsisten. Oleh karena itu mari simak cara membuat brand skincare sendiri di bawah ini.

Tips memulai bisnis skin care

Industri skincare memiliki tingkat pertumbuhan yang luar biasa. Permintaan mengenai segala jenis kosmetik dan skincare semakin meningkat. Di bawah ini adalah tips yang bisa Anda terapkan untuk membangun bisnis skincare.

  1. Membuat produk skincare

ada beberapa cara membuat brand skincare sendiri yang bisa Anda lakukan. Yaitu:

  • Memproduksi sendiri. Anda harus membangun laboratorium dan pabrik skincare yang telah memenuhi segala persyaratan dari pemerintah. Pengawasan produk kesehatan dilakukan melalui BPOM.
  • Melakukan kerja sama dengan maklon skincare. Maklon adalah proses produksi kosmetik yang dilakukan perusahaan untuk memenuhi permintaan pihak luar. Bekerjasama dengan perusahaan maklon akan menghemat biaya produksi Anda.
  • Membeli produk skincare yang sudah jadi. Anda tinggal memasarkan dan memikirkan strategi penjualan terbaiknya. Namun Anda tidak bisa membuat brand sendiri.
  1. Melakukan riset target pasar

Lakukan survei mengenai sasaran skincare Anda. Informasi utama yang Anda butuhkan adalah demografik, psikografik, dan preferensi rival.

Demografik adalah data usia, jenis kelamin, domisili, status pernikahan dan data-data lain yang menyangkut diri calon konsumen Anda. Psikografi adalah data mengenai kepribadian, gaya hidup, pola belajar, hobi, kecenderungan, dan data-data psikologis konsumen lainnya.

Preferensi rival adalah data mengenai skincare yang biasanya disukai oleh calon konsumen serta alasan kenapa memilihnya.

  1. Menentukan Strategi Penjualan

Anda bisa menggunakan strategi Upsell dan Cross-sell. Strategi upsell adalah menciptakan produk yang harganya lebih mahal daripada produk sekarang, dan mengajak konsumen Anda untuk membelinya.

Cross-sell adalah strategi menciptakan jajaran produk yang saling berkaitan satu sama lain. Sehingga konsumen akan terdorong membeli secara bundle atau pembelian lebih dari satu produk.

  1. Mematuhi Regulasi yang berlaku

Ketika ingin melepas produk skincare ke pasar. Pastikan Anda telah memenuhi berbagai persyaratan yang berlaku dan tidak melanggar hukum yang ada.

  1. Melakukan Pemasaran

Bangun brand pada skincare yang Anda jual. Anda bisa memanfaatkan internet untuk melakukan digital marketing.

Membuat website bisa menjadi salah satu metode yang cocok untuk pemasaran digital. Website bisa digunakan sebagai sarana toko online sekaligus promosi.

Anda juga bisa mengelola akun sosial media untuk menjalin komunikasi dengan konsumen. Sehingga Anda bisa mendapatkan umpan balik secara langsung oleh konsumen.

Membangun bisnis skincare tidak jauh beda dengan bisnis lainnya. Cara membuat brand skincare sendiri membutuhkan komitmen dan konsistensi tinggi. 

Anda juga membutuhkan ketangkasan dalam menangkap animo konsumen akan suatu produk, serta cermat dalam melihat kebutuhan konsumen saat ini. Sekian tips membangun brand skincare hari ini, semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published.