November 28, 2022
les o level

Apa beda O Level atau GCSE dengan IGCSE? Sebenarnya perbedaannya terletak pada tingkatannya, saat ini orang tua memilihkan anaknya untuk les O level. Apa itu  o level? Simak penjelasannya

Tidak sedikit orang tua yang mengerti perbedaan antara kurikulum O Level atau GCSE dengan IGCSE, sebenarnya perbedaannya terletak pada tingkatannya, saat ini orang tua memilihkan anaknya untuk les O level, apa itu yang dimaksud dengan o level? O level ini merupakan kurikulum yang dirancang sebelum masuk junior college.

Tentang O Level

Masih ada sebagian orang tua yang mungkin masih merasa bingung mengenai kurikulum O level ini, O level adalah kependekan dari ordinary level atau level biasa, kurikulum ini juga biasa disebut dengan GCEO atau General Certificate of Education Ordinary Level yang merupakan kurikulum lama Cambridge UK.

Kurikulum yang masih terhitung lama ini masih digunakan di beberapa negara persemakmuran Inggris seperti salah satunya Singapura, lantas bagaimana dengan di Indonesia? Untuk sekolah berstandar internasional di Indonesia tidak ada yang menggunakan kurikulum O, hampir kebanyakan sekolah sudah menggunakan kurikulum ICGSE mengingat masih terbatasnya kualitas guru yang menguasainya, apalagi kurikulum tersebut mempunyai tingkat kesulitan yang terbilang tinggi.

Meskipun telah menerapkan kurikulum IGCSE namun mereka masih menyelenggarakan ujian dengan materi les O level, hal tersebut yang terkadang membuat para siswa khawatir jika soal yang diberikan akan berbeda dengan yang diajarkan oleh gurunya, wajar saja memang tingkat kesulitan yang dihadapi cukup tinggi.

Alasan Memilih Program

Apakah program O level lebih mudah? Mungkin ada yang beranggapan jika kurikulum di sekolah nasional lebih sulit jika dibandingkan dengan kurikulum Cambridge, bila masih ada yang beranggapan demikian bisa jadi pengajar tidak menyampaikan materi pembelajaran dengan benar sehingga akan terlihat lebih mudah, ada pengajar yang melewatkan materi yang sulit atau lebih memilih untuk tidak menurunkan tingkat kesulitannya.

Jadi orang tua memberikan les tambahan pada anak-anak mereka dengan harapan dapat menguasai materi seperti yang ada di sekolah internasional, pemberian tambahan les O level memang menjadi sarana alternatif agar anak lebih mudah saat mendaftar ke sekolah berstandar internasional maupun sekolah ke luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.