November 28, 2022
Anda berencana untuk mengajukan Pembiayaan alat berat? Sebelum itu, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Hal ini berguna agar memudahkan Anda dalam prosesnya. Supaya Anda mengetahuinya, beberapa yang harus diperhatikan memilih perusahaan terpercaya, memperhatikan suku bunga, terlindungi asuransi, membuat simulasi kredit, tersedia fitur auto debet.

Anda berencana untuk mengajukan Pembiayaan alat berat? Sebelum itu, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Hal ini berguna agar memudahkan Anda dalam prosesnya. Supaya Anda mengetahuinya, simak ulasannya di bawah ini. 

  1. Memilih Perusahaan Terpercaya

Tips pertama ialah memilih perusahaan yang terpercaya. Pastikan perusahaan tersebut telah terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI). 

  1. Memerhatikan Suku Bunga

Saat Anda berencana untuk melakukan kredit dengan atau tanpa dp, harus memerhatikan suku bunga. Apabila Anda memilih sistem tanpa dp dan perusahaan pembiayaan menawarkan bunga yang besar, maka dapat memengaruhi besaran cicilan menjadi lebih besar.

Pahami berapa suku bunga yang nantinya akan dibebankan kepada Anda. Pilih yang sudah sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

  1. Terlindungi Asuransi

Pilihlah perusahaan atau jasa yang mana pembiayaannya telah menyediakan asuransi. Fungsi asuransi tersebut akan melindungi alat berat yang nantinya digunakan. Apabila terjadi kerusakan pada alat berat, Anda bisa meminimalisir biaya yang perlu dikeluarkan, karena sudah ada asuransi.

  1. Membuat Simulasi Kredit

Lakukan simulasi kredit alat berat terlebih dahulu, sebelum Anda mengajukan kredit. Hal ini berguna agar Anda memiliki gambaran berapa besar cicilan yang harus dibayarkan serta menyiapkan uang muka. Umumnya, beberapa perusahaan pembiayaan mempunyai layanan simulasi kredit untuk alat berat yang sudah tersedia di situs atau aplikasi resmi masing-masing.

  1. Tersedia Fitur Auto Debet

Fitur ini menjadi penting bagi Anda yang ingin menghindari dari biaya keterlambatan, sehingga Anda tidak perlu membayar biaya denda. Auto debet memungkinkan Anda membayar cicilan secara otomatis setiap waktunya pembayaran. 

Cara Kredit Alat Berat

Jika Anda sudah mengetahui tips-tips untuk pembiayaan alat berat, maka penting juga mengetahui bagaimana cara kredit untuk alat berat. 

  1. Menentukan Alat Berat

Anda perlu menentukan alat berat yang sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu, tentukan sektor, merek, tipe, model, dan daerah pemakaian yang akan digunakan. Hal ini berfungsi agar alat berat yang dipilih tepat guna.

  1. Memilih Alat Berat Baru atau Bekas

Selanjutnya, Anda perlu memilih antara membeli alat berat baru atau bekas. Tentunya, alat berat baru memiliki performa yang lebih bagus daripada bekas. Namun, dari segi harga alat berat baru lebih mahal. Dalam memilihnya,  perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan finansial yang dimiliki. 

  1. Memilih Perusahaan Alat Berat

Saat ini sudah banyak perusahaan yang menyediakan pembiayaan untuk alat berat. Tentukan pilihan perusahaan yang menawarkan beragam fitur dan layanan yang memberikan kemudahan. Lakukan riset terlebih dahulu untuk menentukan perusahaan yang tepat untuk Anda.

  1. Mengajukan Pembiayaan

Jika langkah-langkah di atas telah Anda lakukan, maka langkah selanjutnya ialah mengajukan pembiayaan pada perusahaan pembiayaan alat berat yang telah dipilih. Umumnya, proses pengajuan pembiayaan alat berat di setiap perusahaan cukup berbeda-beda, maka dari itu pastikan Anda mengetahui syarat dan ketentuan yang tersedia. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.