November 28, 2022
Illustrasi Convection Oven
Oven salah satu peralatan memanggang adonan kue ataupun roti. Sayangnya, masih banyak yang beranggapan oven hanya terdiri dari satu jenis saja. Sebab, fungsinya sama-sama memanggang. Padahal, ada beberapa jenis oven yang bisa digunakan sesuai fungsinya, salah satunya gas convection oven.

Oven salah satu peralatan memanggang adonan kue ataupun roti. Sayangnya, masih banyak yang beranggapan oven hanya terdiri dari satu jenis saja. Sebab, fungsinya sama-sama memanggang. Padahal, ada beberapa jenis oven yang bisa digunakan sesuai fungsinya, salah satunya gas convection oven.

Lalu, Apa Bedanya Dengan Jenis Oven Lainnya? 

Terdapat tiga jenis oven yang umumnya digunakan untuk memanggang roti ataupun kue kering. Setiap jenisnya mempunyai fungsi dan fiturnya masing-masing. Yuk, simak penjelasannya.

Oven Baking

Oven baking adalah jenis oven yang paling banyak dijumpai, terutama pada dapur rumah karena bisa dimanfaatkan untuk membuat kue maupun memanaskan makanan. Umumnya, tipe oven ini memiliki spesifikasi berupa rak yang memungkinkan kamu memasak dua macam sekaligus secara bersamaan.

Sumber panas yang berasal dari oven ini didapatkan melalui gas ataupun listrik. Namun, ada kelemahan pada jenis ini, di mana pemanasannya belum merata sempurna. Dengan begitu, kamu perlu mengontrolnya secara berkala agar hasil olahan lebih maksimal dan kematangannya pas. 

Convection Oven

Oven Convection adalah salah satu jenis alat pemanggang yang menggunakan gas dengan kombinasi blower, sehingga mempunyai burner api pada bagian dinding belakangnya. Berbeda dengan oven tipe gas manual yang umumnya menggunakan api atas bawah.

Jenis ini hasil dari pengembangan oven baking yang memiliki teknologi kipas internal. Dengan demikian suhu panasnya dapat merata ke seluruh sisi pemanggangan. Hasil olahan adonannya pun dapat matang secara merata, lebih bertekstur, dan renyah. 

Selain memberikan keunggulan dengan panas yang merata, pada oven convection ini juga bisa beroperasi pada suhu yang rendah sehingga menghemat konsumsi daya penggunaan. Kamu juga bisa menggunakan oven ini untuk memasak dalam jumlah yang banyak karena mampu membuat olahan lebih cepat matang.

Oven Combi

Sesuai dengan namanya, jenis oven ini dapat menyatu dengan proofer yang dapat melakukan beberapa tugas berbeda sekaligus dalam satu waktu bersamaan. Tentunya, fitur ini sangat menghemat waktu. 

Bahkan pada beberapa variannya, ada pula fitur sistem yang bisa digunakan untuk memanggang sehingga dapat menghemat ruang dan biaya produksi. Kira-kira, itulah perbedaan dari gas convection oven dengan oven baking dan oven combi. 

Jenis Oven Mana yang Sangat Direkomendasikan?

Secara garis besar, ketiganya sama-sama memiliki fungsi untuk membuat kue sesuai dengan fungsi dan fiturnya masing-masing. Jika ingin memproduksi kue kering, mungkin jenis oven convection lebih tepat. 

Sebab, oven ini memiliki kipas yang mampu mengalirkan panas secara merata ketika memasak dengan suhu tertentu. Panas yang dihasilkan juga lebih stabil, sehingga kualitas rasanya tetap terjaga dan seimbang. Teknologi ini juga membuat makanan dapat matang secara merata dengan hasil yang lebih renyah. Bagaimana, kamu tertarik menggunakan gas convection oven?

Leave a Reply

Your email address will not be published.