November 30, 2022
simulasi cicilan mobil

Cicilan mobil bekas menjadi salah satu cara yang cukup mudah agar Anda bisa memiliki mobil yang diinginkan. Untuk itu anda perlu melakukan simulasi cicilan mobil. Bagaimana caranya? Berikut penjelasannya

Cicilan mobil bekas menjadi salah satu cara yang cukup mudah agar Anda bisa memiliki mobil yang diinginkan. Untuk itu anda perlu melakukan simulasi cicilan mobil. Anda hanya perlu menyiapkan sejumlah dana untuk uang muka dan biaya tambahan lainnya, sisanya hanya perlu dibayarkan setiap bulan dalam jangka waktu tertentu. Bagaimana langkah pengajuan kredit mobil bekas? Berikut ini penjelasannya.

Istilah dalam Kredit Mobil

Saat Anda akan melakkan kredit mobil, ada beberapa istilah yang perlu Anda pahami terlebih dahulu, seperti harga mobil, uang muka, tenor cicilan, suku bunga tahunan, jumlah cicilan, dan lainnya. Pastikan Anda memahami istilah-istilah tersebut sebelum mengajukan kredit mobil.

Langkah Kredit Mobil Bekas

Membeli mobil memerlukan dana yang cukup banyak, tentu tidak semua orang bisa melakukannya, akan tetapi jika menurut Anda mobil merupakan sarana transportasi yang sangat dibutuhkan, Anda tidak perlu membeli mobil baru, karena membeli mobil bekas pun tidak menjadi masalah. Agar tidak salah langkah saat pengajuan, simak penjelasan lengkapnya berikut ini,

  1. Hubungi dealer

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menghubungi dealer mobil bekas terpercaya, kemudian cari tahu informasi terkait program kredit yang tersedia di dealer tersebut. Selanjutnya, pihak dealer akan menghubungkan Anda dengan leasing, untuk menentukan kredit yang akan diambil, besaran uang muka, dan tenor cicilannya.

Agar bisa mengajukan kredit mobil, Anda harus warga negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Indonesia, berusia 21-60 tahun saat kredit lunas, dan memiliki pekerjaan serta penghasilan tetap setiap bulannya.

  1. Lakukan konsultasi

Setelah Anda dihubungkan dengan pihak leasing, lakukan konsultasi mengenai transaksi kredit yang akan diambil, dalam konsultasi ini Anda akan mendapatkan simulasi cicilan mobil bekas yang disampaikan oleh pihak leasing, sehingga Anda memiliki gambaran skema kredit dengan jelas, tanpa ada pihak yang dirugikan.

  1. Lengkapi dokumen yang diperlukan

Jika simulasi kredit yang sesuai sudah didapatkan dan akan melanjutkan proses transaksi, Anda perlu melengkapi beberapa dokumen yang dibutuhkan, seperti kartu identitas (KTP/SIM), slip gaji, Kartu Keluarga (KK), bukti Pajak Bumi dan Bangunan atau bisa juga rekening listrik, tagihan kartu kredit dalam 3 bulan terakhir, NPWP, dan persyaratan lainnya.

  1. Pengajuan kredit mobil bekas

Berkas atau dokumen persyaratan pengajuan kredit tersebut akan dibawa oleh pihak leasing untuk melakukan proses pengajuan kredit, persetujuan kredit ini bisa dalam hitungan jam, bisa juga dalam hitungan hari, tergantung pada kelengkapan dokumen serta profil keuangan Anda.

  1. Pembayaran uang muka

Setelah pengajuan kredit disetujui oleh pihak leasing, tugas Anda adalah membayar uang muka atau DP yang sudah disepakati sebelumnya agar mobil bisa Anda bawa pulang. Tidak berhenti sampai disitu saja, selanjutnya Anda perlu melakukan pembayaran cicilan mobil tersebut setiap bulannya hingga lunas.

Itulah beberapa langkah pengajuan cicilan mobil bekas, pastikan Anda perhatikan dengan baik saat simulasi cicilan mobil bekas berlangsung, tanyakan yang masih membingungkan, dan jangan lupa untuk meminta transparansi kepada pihak leasing agar kedua belah pihak terhindar dari kerugian. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.